Selasa, 12 Januari 2010

Berbagi

Rasulullah SAW bercerita, ''Ada seorang lelaki sedang berjalan di Padang Sahara, sebuah tempat di muka bumi. Tiba-tiba ia mendengar suara dari atas awan, 'Turunkanlah hujan di kebun milik si Fulan!' Kemudian awan itu pun bergerak dan mencurahkan air hujan di atas tanah harrah (tanah yang berbatu hitam). Seketika salah satu dari parit-parit tanah harrah itu dipenuhi air.

Si lelaki itu menelusuri jalannya aliran air. Dan tiba-tiba ia melihat seseorang sedang mengatur aliran air dengan cangkulnya. Lelaki itu berkata kepadanya, 'Wahai hamba Allah, siapakah namamu?' Si pemilik kebun menjawab, 'Nama saya Fulan' (persis seperti nama yang disebutkan di atas awan tadi).

Kemudian si pemilik kebun balas bertanya, mengapa dia menanyakan namanya. Lelaki itu pun menceritakan apa yang baru didengarnya. 'Apa yang telah engkau perbuat dengan kebunmu ini?' tanyanya kemudian.

Si pemilik kebun menjawab, 'Aku selalu menunggu hasil dari kebunku ini. Dari hasilnya, aku selalu menyedekahkan sepertiganya, sedang aku dan keluargaku memakan sepertiganya dan Dia sepertiganya.'' (HR Muslim).

Hadis di atas sesuai dengan firman-Nya, ''Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang dapat menumbuhkan menjadi tujuh bulir, dan pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.'' (QS Albaqarah [2]: 261)

Dermawan juga tidak sama dengan israaf (boros), yaitu berlebihan harta dalam membelanjakan pada suatu hal di atas kebutuhannya. Bahkan, Allah sangat tidak suka kepada hamba-hamba-Nya yang boros.

Nabi menganjurkan pada umatnya berperilaku dermawan. Sebaliknya, Allah dan Rasul-Nya sangat mencela terhadap orang-orang yang bakhil (kikir). Maka, ketika kita berbagi, sesungguhnya ''kebaikan'' dari berbagi itu untuk diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selama anda membaca tulisan dalam blog ini, maka silahkan komentari.